Tugas Makalah Komunikasi Massa Memperdalam Pemahaman Kita Terhadap Media Massa


BAB 1 PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG

Media massa merupakan salah satu unsur yang sangat penting di kehidupan masyarakat. Melalui media massa banyak hal yang dapat dilakukan, mulai dari mendapatkan informasi, menyampaikan informasi penting bahkan membentuk opini tertentu terhadap suatu realitas sosial.

Media massa dapat diartikan sebagai alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (penerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi  seperti surat kabar, film, radio, atau TV (Cangara, 2002).

Media massa dapat bersifat swasta, dan pemerintah. Media massa swasta berarti media tersebut dimiliki oleh pengusaha tertentu dan berupaya menciptakan keuntungan dari bisnis menyampaikan berita yang mereka tekuni, walaupun tidak berarti semua etika lain dalam menyampaikan berita diabaikan hanya demi keuntungan sebesar-besarnya.

Media milik pemerintah berarti media tersebut dimiliki oleh pemerintah, baik dari segi modal, saham, kepengurusan dan lain sebagainya dan berupaya untuk memberikan berita kepada masyarakat sesuai dengan sudut pandang pemerintah, walaupun bukan berarti selalu diberitakan hal-hal yang menguntungkan pemerintah saja.

B. RUMUSAN MASALAH

  1. Apa pengertian media massa menurut para ahli ?
  2. Apa fungsi media massa bagi masyarakat ?
  3. Apa dampak positif dan negatif dari media massa ?
  4. Apa saja jenis jenis media massa ?
C. TUJUAN PENULISAN MAKALAH

  1. Memberikan informasi kepada pembaca mengenai pengertian media massa.
  2. Memberikan informasi kepada pembaca tentang pentingnya media massa bagi masyarakat.
  3. Memberikan informasi kepada pembaca apa saja dampak positif dan dampak negatif dari media massa.
  4. Memberikan informasi kepada pembaca apa saja jenis jenis media massa.

BAB 2 PEMBAHASAN


1. Pengertian Media Massa Menurut Para Ahli 

Menurut Cangara, media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak, sedangkan pengertian media massa sendiri alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi seperti surat kabar, film, radio dan televisi.

Menurut (Soehadi, 1978:38). Media adalah bentuk jamak dari medium yang berarti tengah atau perantara. Massa berasal dari bahasa Inggris yaitu mass yang berarti kelompok atau kumpulan. Dengan demikian, pengertian media massa adalah perantara atau alat-alat yang digunakan oleh massa dalam hubungannya  satu sama lain.

Sedangkan menurut (Rakhmat, 2001) – Media massa adalah faktor lingkungan yang mengubah perilaku khalayak melalui proses pelaziman klasik, pelaziman operan atau proses imitasi (belajar sosial). Dua fungsi dari media massa adalah media massa memenuhi kebutuhan akan fantasi dan informasi.

2. Media Massa Bagi Masyarakat Mempunyai Beberapa Fungsi Antara Lain  

Fungsi pengawasan media adalah fungsi yang khusus menyediakan informasi dan peringatan kepada masyarakat tentang apa saja di lingkungan mereka. Media massa meng-up date pengetahuan dan pemahaman manusia tentang lingkungan sekitarnya.

Fungsi interpretasi adalah fungsi media yang menjadi sarana memproses, menginterpretasikan dan mengkorelasikan seluruh pengetahuan atau hal yang diketahui oleh manusia.

Fungsi transmisi nilai adalah fungsi media untuk menyebarkan nilai, ide dari generasi satu ke generasi yang lain.

Fungsi hiburan adalah fungsi media untuk menghibur manusia. Manusia cenderung untuk melihat dan memahami peristiwa atau pengalaman manusia sebagai sebuah hiburan

3. Dampak Positif dan Negatif Dari Media Massa Terhadap Kehidupan Manusia

Dampak positif :

  1. Masyarakat lebih mudah mengakses informasi penting yang ada di sekitarnya karena media massa memiliki ruang yang lebih bebas, dalam akses politik maupun dunia hiburan.
  2. Setiap orang dapat memberikan argumen atau pendapatnya dengan baik tanpa takut dengan pengekangan dari pemerintah dan lain-lain.
  3. Masyarakat dapat cepat menyebarkan berita penting, misalnya tentang bencana atau perubahan regin dalam pemerintahan dalam waktu singkat.
  4. Menjalankan fungsi utama demokrasi dalam sistem kenegaraan melalui persebaran berita dan penyanpaian pendapat (komentar).
Dampak Negatif :
  1. Privasi masyarakat semakin berkurang karena adanya media massa yang mengabarkan informasi seputar keseharian orang-orang penting seperti selebriti atau pemerintah.
  2. Terlalu banyak aspirasi yang masuk sehingga menyulitkan pemerintah untuk menyaring bagian mana yang perlu diperhatikan dan sebaliknya.

4. Jenis Jenis Media Massa

  1. Media Cetak  :  Koran, Tabloid, Majalah
  2. Media Elektronik : Radio, TV, Film
  3. Media Cyber : Website, Portal berita, Blog, Media Sosial.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Berkomentarlah dengan baik dan sopan tanpa menimbulkan rasa sara. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua.