Tugas Jatidiri Unsoed Merencanakan Kehidupan Untuk Menjadi Orang Sukses



PENGANTAR
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga saya dapat menyusun tugas terstruktur ini dengan baik serta tepat pada waktunya. Dalam tugas terstrukur ini saya akan membahas mengenai “Merencanakan kehidupan untuk menjadi orang sukses”.
Sukses adalah suatu pencapaian hasil yang dapat dipahami secara umum sebagai suatu keberhasilan usaha yang positif, keberhasilan tersebut didapati harus dengan penuh perjuangan dan mati-matian dengan melewati banyak cobaan. Tak ada seorangpun yang tidak menginginkan yang namanya sukses. Meskipun demikian, terkadang keinginan mereka hanya menjadi angan-angan karena kesuksesan yang diinginkan tidak dapat tercapai. Hal ini dikarenakan kita hanya menginginkannya saja tanpa adanya usaha serta doa dan faktor  lainnya.
Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada tugas ini. Oleh karena itu saya berharap kepada pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang membangun untuk penyempurnaan tugas kedepannya.
Saya juga berharap semoga tugas ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat memberikan pemahaman tentang Merencanakan kehidupan untuk menjadi orang sukses.

VISI DAN MISI
1. VISI
Menjadi seorang yang sukses dunia dan akhirat
2. MISI
·         Memahami tentang pengertian kesuksesan
·         Mengetahui tips tips menjadi orang sukses
·         Mengetahui hambatan atau kendala dalam mencapai kesuksesan

TUJUAN
Dalam menyusun suatu tugas Jatidiri Unsoed dengan tema Merencanakan kehidupan untuk menjadi orang sukses” saya memiliki suatu tujuan diantaranya :
1.      Memberikan tips atau strategi kepada kitaagar menjadi orang sukses
2.      Memotivasi kita agar lebih bersemangat guna mencapai kesuksesan
3.      Meyakinkan kita bahwa semua orang itu pasti bisa sukses
4.      Menjelaskan pentingnya kesuksesan bagi dirinya sendiri
5.      Menyelesaikan tugas Jatidiri Unsoed

STRATEGI
Dalam kehidupan, pasti semua orang menginginkan yang namanya kesuksesan.Tetapi dalam mencapai kesuksesan setiap orang memiliki cara tersendiri agar impian mereka itu tercapai.Seiring berjalannya waktu banyak orang yang berpikir bahwa impian yang diinginkan tidak mudah untuk diraih.Maka dari itu kita memerlukan strategi untuk mencapai suatu kesuksesan. Berikut ini strategi-strategi yang perlu kita miliki:
1.      Senang mempelajari hal-hal baru
Aburizal Bakrie adalah seorang yang bisa dikatakan sebagai orang sukses dalam bidangnya yaitu commerce. Tapi saat beliau mendirikan universitas, apakah beliau beralih sebagai seorang pendidik? Atau beliau sendiri sebenarnya adalah profesor? Jelas tidak, mereka tetap seorang entrepreneur, namun dengan kegemarannya mencari hal-hal baru serta langsung menerapkannya, maka dunia bisnis semakin terbuka luas baginya. Dunia bisnis ibarat sebagai tempat bermain yang luas dan tidak terbatas. Jadi senang belajar dan mencari hal baru adalah sebuah sikap kesuksesan.
2.      Jangan Takut Gagal
Kita perlu tahu bahwa kegagalan adalah bagian dari sebuah proses pembelajaran yang berujung pada keberhasilan dan sukses. Kita mungkin berpikir bahwa gagal adalah pembelajaran buruk dalam hidup, 
namun ternyata dengan banyak menghadapi kegagalanlah kita akan belajar untuk sukses. Tidak pernah ada sepanjang hidup kita akan selalu benar, dan setiap waktu kita akan berhadapan dengan gagal. Karena setiap keberhasilan akan melalui beberapa kegagalan.
3.      Memilih metode belajar yang efektif
Semua individu memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Pilihlah metode belajar yang sesuai dengan diri sendiri. Pagi hari sebelum dan sesudah sholat subuh atau di malam hari. Mencicil belajar lebih baik daripada belajar dengan sistem kebut semalam.
4.      Jangan menyerah
Seringkali kegagalan membuat kita putus asa dan berhenti mencoba hal tersebut adalah salah, karena seharusnya kegagalan itu bukan ganjalan yang membuat kita berhenti melainkan batu loncatan untuk kita melayang lebih tinggi. Keberhasilan diraih dengan tekad dan kerja keras, sebuah batu jangan dianggap menjadi hambatan namun buatlah itu menjadi alat untuk mu meloncat tinggi dan menggapai mimpi. Jangan terpuruk hanya karena kegagalan, masih banyak kesempatan yang terbuka untuk mu jika kamu terus memperbaiki diri dan berusaha, jangan hanya diam dan menangisi kegagalan.
Buatlah kegagalan menjadi tekad dan semangat baru yang lebih membara. Percayalah semuanya tidak akan ada yang sia-sia jika kamu belum melihat keberhasilan akan kerja keras mu maka teruslah
berusaha,Dangan pernah diam semua akan mendapat hasilnya suatu saat nanti pada waktu yang tepat. Ingatlah jangan membuat kesalahan dua kali yakni sombong terhadap keberhasilan dan sedih akan kegagalan itu semua menjadikan hidup kita semakin terpuruk.
5.      Buang sifat ragu
Salah satu penghambat yang seringkali terjadi dalam kehidupan kita yaitu keraguan yang merundung diri kita.Jika kita ingin sebuah kesuksesan yang besar dalam waktu yang singkat, hendaknya buanglah sifat ragu ragu dalam kita dan tumbuhkan rasa yakin pada diri kita.
6.      Mengetahui kelemahan apa yang ada dalam diri sendiri
Setelah mengetahui semua kekurangan yang ada dalam diri sendiri, tentu akan lebih mudah dalam memperbaikinya. Apabila lemah dalam berbicara maka akan terus berbicara sampai bisa di depan umum.
7.      Motivasi diri untuk meraih kesuksesan
Mencapai kesuksesan adalah sebuah kata yang begitu sederhana,namun membutuhkan proses panjang untuk mencapainya. Selain membutuhkan sebuah proses yang cukup panjang, dalam mencapai kesuksesan juga dibutuhkan adanya motivasi diri yang kuat. Karena dengan berbekal motivasi diri yang kuat, secara tidak langsung mampu menggerakan kita untuk mulai berusaha mendekatkan diri dengan kesuksesan yang dicita-citakan.
Pentingnya motivasi diri untuk meraih kesuksesan tidak dapat diragukan lagi. Tetapi untuk menumbuhkan motivasi dalam diri seseorang tidaklah mudah, karena motivasi juga sering dipengaruhi oleh perasaan dan emosional yang ada dalam diri seseorang. Misalnya saja saat sedang mengikuti seminar motivasi, emosional kita saat mengikuti seminar tersebut pasti akan naik sehingga kita begitu termotivasi untuk mewujudkan cita – cita yang ingin dicapai. Namun lihat motivasi kita setelah satu bulan tidak mengikuti seminar tersebut, motivasi diri kita akan menurun jika tidak memperoleh siraman motivasi secara rutin.
Dikutip dari https://www.cermati.com/artikel/11-kata-kata-motivasi-kerja-yang-akan-membuatmu-suksesberikut 11 motivasi yang dapat membuat kita menjadi orang sukses :
1.  'Kesuksesan adalah perjuangan dari kegagalan demi kegagalan tanpa kehilangan antusiasme.' -Winston S. Churchill
2. 'Dalam meraih kesuksesan, Kemauan Anda untuk sukses harus lebih besar dari ketakutan Anda akan kegagalan.' -Bill Cosby
3. 'Jika Anda tak Membangun impian Anda, maka seseorang akan mempekerjakan andauntuk membantu membangun impian mereka.' -Tony Gaskin
4.  'Cara terbaik untuk mengetahui masa depan adalah dengan menciptakannya.' -Dr. Forest C. Shaklee
5.      'Tanpa disiplin, kesuksesan tak mungkin terjadi, titik.' -Lou Holtz
6.      'Pembalasan terbaik adalah dengan kesuksesan besar.' -Frank Sinatra
7.      'Dua puluh tahun dari sekarang, Anda akan lebih dikecewakan oleh hal-hal yang tidak Anda lakukan dibanding hal-hal yang telah Anda lakukan.' -Mark Twain
8.      'Bekerjalah tanpa suara, dan biarkan kesuksesan Anda yang berbunyi nyaring.' -Frank  Ocean
9.      'Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya.' -Chris Grosser
10.  'Sukses bukanlah kebetulan, sukses adalah kerja keras, tekun belajar, berkorbandan yang terpenting ialah mencintai pekerjaan Anda.' -Pele
11.  'Kegagalan bukanlah lawan dari kesuksesan,tapi bagian dari sukses itu sendiri.' -Ariana Huffington
8.      Memahami hambatan dalam kesuksesan
Dalam meraihnya ada beberapa hal yang menghambat kesuksesan dan diperlukan tekad yang kuat untuk mengatasinya. Dikutip dalam buku “Kiat menggapai kesuksesan” terdapat hal-hal yang dapat menghambat kesuksesan antara lain :
1.      Malas
Rasa malas merupakan musuh besar dalam meraih kesuksesan. Orang yang malas akan merasakan langsung akibat dari rasa malasnya. Contohnya, seorang pelajar yang malas belajar, pasti memiliki  prestasi belajar yang buruk.

2.      Menunda pekerjaan
Menunda pekerjaan seringkali dilakukan tanpa sadar oleh kita. Ketika kita menunda satu pekerjaan, maka pekerjaan yang lain akan menumpuk di belakangnya sehingga membuat beban pekerjaan kita bertambah banyak.
3.      Tidak Disiplin
Disiplin menyangkut dalam hal waktu di setiap kegiatan seseorang. Seseorang yang memiliki mimpi, memiliki rencana dan ada target waktu dalam meraih mimpinya, namun ia tidak disiplin dalam menjalankan rencananya maka akan menghambatnya dalam meraih mimpinya tersebut.

RENCANA AKSI ATAU TINDAKAN
Setelah kitamengetahui beberapa strategi lalu kita harus segera bertindak atau merencanakan aksi yang nyata agar semua itu benar benar terjadi ga hanya keinginan belaka. Maka dari itu berikut beberapa rencana nyata yang harus kita lakukan agar tercapai suatu kesuksesan :
1.      Niat
Untuk menghasilkan hasil yang memuaskan, semua perbuatan harus disertai niat yang baik.
2.      Solat dan berdoa
Melakukan sholat wajib 5 waktu sesegera mungkin. Apabila sholat 5 waktu sudah dilakukan, lakukan juga sholat sunah seperti duha, tahajud, dan lain-lain. Mendoakan diri sendiri , orang tua, dan orang lain. Dengan rajin berdoa, Allah akan memberikan apa yang kita doakan.
3.      Menuntut Ilmu dengan Sungguh Sungguh
Menuntut ilmu tidak ada ruginya semua orang. Untuk mencapai sukses dunia harus dengan ilmu, untuk sukses di akhirat juga harus dengan ilmu.
Menuntut ilmu hukumnya wajib untuk semua umat muslim di dunia. Seseorang yang memiliki ilmu akan sukses di bidangnya. Seperti perkataan yang disampaikan oleh Imam Syafi’i,
“Barangsiapa yang menginginkan kesuksesan dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barangsiapa menghendaki sukses akhirat hendaklah diraihnya dengan ilmu.”
4.      Kerja keras
Jika anda ingin sukses, pastilah anda harus bekerja keras. Dan hal ini harus sering dilakukan setiap hari, agar hasil yang kita dapat itu maksimal.
5.      Tawakal
Pasrah kepada Alloh S.W.T yang disertai dengan segala upaya mematuhi,  dan  menunaikan segala perintahNya. Bersyukur jika mendapatkan keberhasilan dari usahanya. Serta berlapang dada dan tanpa merasa putus asa jika mengalami kegagalan.

KESIMPULAN
Tidak ada seorang pun yang dalam hidupnya tidak mau menjadi orang sukses,semua orang pasti ingin menjadi orang sukses maka dari itu jika kita ingin menjadi orang sukses awalilah dengan niat setelah itu buatlah semacam strategi. Selanjutnya buatlah suatu tindakan atau aksi agar kesuksesan yang kita inginkan tidak menjadi angan angan saja dan yang terpenting adalah doa agar dimudahkan dalam segala urusan serta bertawakal atau berserah diri kepada Allah S.W.T.

DAFTAR PUSTAKA

Basyier, Abu Umar.2016.Kiat Menggapai Kesuksesan.Surabaya:Shafa Pustaka

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Berkomentarlah dengan baik dan sopan tanpa menimbulkan rasa sara. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua.